26 Juni, 2011

Mee-nee & Jello Flower


Memanfaatkan clay yang masih tersisa.  Mau bikin yang kecil supaya bisa cepat selesai (karena waktuku sekarang tidak sebebas dulu lagi )
Hasil awal. Biasalah, bunga-bunga beserta daun.  Yang di sebelah kiri ada beberapa ikan koi. Baru pertama kali mencoba bikin ikan koi dalam ukuran mini. Mudah-mudahan yang melihat bisa langsung mengenali bahwa itu ikan.  Di dalam foto ada yang masih polos, ada yang sudah diberi warna pakai cat akrilik.
                                    

Berusaha mewarnai koi dari clay semirip ikan koi betulan, tapi rasanya masih belum oke.  Seperti koi mutant yang satu ini, warnanya masih terlalu berantakan.  Setelah susah membentuk clay menjadi ikan seukuran ini, ditambah lagi "penderitaan" mewarnai clay mengikuti bentuk aslinya (maunya begitu).  Tapi, sekali lagi, ternyata "penderitaan" membuat miniatur membawa kepuasan sendiri.  Nah, akhirnya si ikan mejeng di atas jariku.  Setelah ini, aku masih keterusan membuat yang mini-mini di sela waktu luang.  Walaupun leher pegal-pegal dan mata rada jereng .

         
Berlatih terus supaya bisa membuat ikan koi berukuran kecil dari clay yang lebih
bagus   Ada rencana menggabungkan yang mini-mini ini dengan bahan lain supaya akhirnya bisa dipakai dan tidak cuma menjadi penghuni laci meja kerja.


   Bunga Jelly  


Foto Ersa Creativa di Flickr

Pertama kali melihat kreasi ini di blog dari Amerika aku ternganga.  Awalnya aku kira sedang melihat foto pemberat kertas yang terbuat dari gelas. Setelah membaca artikelnya baru ngeh kalau ternyata bunga-bunga cantik 3 dimensi yang tersimpan di dalam "gelas" bening itu semuanya terbuat dari gelatine atau jelly. Jelly? Yup, jelly, alias jello (sesuai nama salah satu merknya). Aku belum pernah melihatnya secara langsung, semuanya hanya dari internet.

Foto Bearexposed di Flickr

Bunga dibuat dengan mengiris gelatine dan kemudian menyuntikkan gelatine dalam warna kelopak bunga ke dalam irisan tersebut.  Menyuntikkan gelatine memakai alat suntik biasa.  Orang menyebut ketrampilan dari gelatine atau jelly ini Jello Flower, Gelatina Artistica atau Gelatina Encapsulada.  Kemungkinan besar berasal dari Amerika Selatan (Meksiko, Venezuela dan sekitarnya) karena kalau kita meng-Google hasilnya mayoritas berasal dari daerah sana.  Silakan mencari video cara pembuatannya di Youtube, ada beberapa yang cukup jelas kok.

Selamat mencoba, bye bye 

5 komentar:

honeysweety mengatakan...

mbak kok jarang update sih. kresinya bagus bener :)

Sita mengatakan...

Iya, bukan jarang lagi, bisa dibilang update setahun sekali (malu). Insya Allah mau rajin lagi. Terimakasih sudah bertamu

Mufti Pamungkas mengatakan...

salam kenal :)
telaten dan talented hehehehe, sampai bisa bikin koi sekecil itu. saya juga terkesan banget dengan video "gelatin"-nya... tak terpikirkan, saya pikir itu bunga asli yang dicetak dalam gelatin, ternyata... kreativitas emang tidak mengenal batas.

Amelia mengatakan...

waw... koinya bagus bangetttt... sy cm pernah belajar bikin clay orang ama cake.. koinya bagusssss...! btw.. itu jell-o nya jg luar biasaaaa >_< update terus yaa ^^ ditunggu postingnya ^^ oh iya.. salm knal :D hehe

RIGA yulianita mengatakan...

Hai kak . Aku kg cari supplier yg bikin bunga itu. Ada contact person yg bsa dihubungi??