06 April, 2010

Beberapa Resep Fondant

Buat yang ingin tahu bagaimana cara membuat fondant sendiri, ini nih beberapa resep fondant yg aku dapat dari ber Google-ria.  Semua resep ditulis apa adanya dari posting/tulisan aslinya. Aku sendiri belum pernah mencoba satu pun, selama ini fondant yang aku beli semuanya beli jadi di toko bahan kue.  Buat mereka yang mungkin di daerah/kota tempat tinggalnya susah atau malah tidak ada yang menjual fondant, apa salahnya mencoba membuat sendiri. Mungkin fondant buatan sendiri malah lebih enak cake2

PhotobucketResep Fondant #1 *


gula halus 425 gr
tepung maizena 75gr
gelatine 10gr
air 70ml
cara:
campur gelatin n air,diamkan 10 menit
rebus gelatin di atas api kecil hingga mendidih
campur maizena n gula halus,aduk rata
tambahkan gelatin,uleni hingga kalis
siap digunakan.
nah kalau pakai shortening ditambahin di adonan atau cukup dioles ke meja dan tangan aja biar g lengket?

* diambil dari Creative With Fondant (terimakasih sebelumnya)mini dog 5

PhotobucketResep Fondant (dan lain-lain sejenis) #2 *

Cooked Fondant Icing
Fondant ini adalah jenis yg dimasak dimana diperlukan kehati-hatian saat memasak sirup gulanya. Semakin lama diuleni, semakin putih dan lembut adonannya. Jika digunakan utk menutupi sponge cake maka akan menghasilkan permukaan yg halus spt satin. Dapat juga dibentuk menjadi dekorasi-dekorasi kecil.
60 gr mentega putih (shortening)
30 ml lemon juice
30 ml air
750 gr icing sugar (gula bubuk), ayak
Masak dgn api sedang sambil diaduk-aduk: mentega putih, lemon juice dan air.
Masak sampai mentega meleleh.
Tambahkan 250 gr gula bubuk, aduk terus sampai gula larut.
Didihkan dgn api kecil, angkat.
Tambahkan lagi gula secukupnya sedikit demi sedikit sampai membentuk pasta lembut sambil diaduk rata setiap kali penambahan gula.
Taburi meja dgn gula bubuk tipis-tipis.
Uleni adonan sampai lembut, tidak lengket ditangan dan silky.
Tambahkan lagi gula bila diperlukan.
untuk 875 gr fondant icing.

Gelatine Icing
Merupakan sugarpaste yg mudah dibuat, mudah dibentuk dan tidak lengket ditangan.
Cocok utk menutupi cake atau digunakan sbg modelling paste. Icing ini cukup keras untuk dipakai pada kue bertingkat.
15 gr gelatine bubuk
45 ml air
45 ml glukosa cair
15 ml glycerine
bbrp tetes essence vanilla atau almond, bila suka
750 gr icing sugar, ayak
Siapkan panci tim, didihkan airnya.
Gelatine dan 45 ml air ditim sampai menyatu, sambil diaduk.
Tambahkan glukosa cair dan glycerine, aduk sampai mencair dan hangat.
Angkat dari panci tim.
TAmbahkan gula bubuk ke dalam larutan gelatine sambil diaduk dgn sendok kayu.
Uleni  saat sudah mulai menyatu menjadi adonan.
Taburi meja dgn gula bubuk tipis-tipis.
Uleni icing sampai putih, lembut dan tidak retak-retak.
Simpan di kantong plastik atau bungkus dgn cling film.
Utk 875 gr pasta gelatine.

Quick Sugarpaste
Mudah dan cepat dibuat. Dapat digunakan untuk menghias segala jenis kue.
Cukup lembut dan elastis utk dipakai sbg sugar decorations.
Akan mengering cukup keras tetapi tidak cukup kuat untuk dipakai pada kue bertingkat.
1 putih telur
30 ml glukosa cair
500 gr icing sugar, ayak
Tempatkan putih telur dan glukosa cair pada mangkuk yg bersih.
Tambahkan gula dan aduk memakai sendok kayu.
Uleni dgn jari sampai terbentuk adonan.
Taburi meja dgn gula bubuk tipis-tipis.
Uleni adonan sampai lembut dan tidak retak-retak.
Bungkus dgn cling film rapat-rapat agar kedap udara.
Pada saat mengering, icing akan kencang tapi tidak keras.
Jika icing terlalu lembut dan lengket, tambahkan lagi gula bubuk sampai cukup elastis utk diolah.
Jika icing mengering dan menjadi keras, tambahkan sedikit air mendidih kemudian uleni sampai lembut dan elastis atau buang bagian yg mengering.
Untuk 625 gr icing.
Sumber: The International School of Sugarcraft, Nicholas Lodge, 1988 by Merehurst Limited.

* Diambil dari Milis Sedap (terimakasih sebelumnya)mini dog 2.

PhotobucketResep Fondant #3 *
Rolled Fondant Recipe
1 sdm gelatine bubuk
1/4 cup air dingin
1/2 cup glucosa
1 sdm glycerin
2 sdm shortening padat
2 lbs gula pasir
2-3 tetes pewarna / perasa sesuai selera

Campur gelatin dan air dingin, biarkan sampai kental
Tim campuran gelatin sampai leleh
Tambahkan glucosa dan glycerin, aduk rata.
Masukkan shortening dan sebelum meleleh sempurna angkat dari api.
Aduk lagi sampai uapnya hilang.
Masukkan gula pasir dalam sebuah baskom.
Tuang adonan gelatin sedikit demi sedikit ke dalamnya, aduk rata dengan sendok kayu sampai tidak lengket lagi.
Masukkan pewarna/perasa, uleni sampai kalis dan licin.  Tidak lengket di tangan.
Kalau terlalu lembek tambahkan gula, tapi kalau terlalu kering teteskan air sedikit demi sedikit.
Gunakan segera atau masukkan ke dalam wadah kedap udara lalu simpan di kulkas.
Kalau mau digunakan, keluarkan dan diamkan dulu dalam suhu ruang, uleni lagi sampai lembut.

* Diambil dari Dapur Bunda Zidan&Syifa (terimakasih lagi sebelumnya)mini dog 5

bye bye puppy kiss

9 komentar:

role playing mom mengatakan...

kayanya enak niih, anyway nice blog, and cute also
salam kenal ya

de catsmeoow mengatakan...

waw..kebetulan lagi cari resep fondant..izin copas ya mbak ^^ eia, salam kenal

Anonim mengatakan...

hhhh.... akhirnya saya nemu juga resep fondant yg ga ribet, Thank's sist..:)

sheNdut mengatakan...

Makasih resep fondantnya mbak...minta ijin copas ya...... matur thank you sebelumnya ah.....:)

Anonim mengatakan...

mbak saya baru blajar bikin fondant, mau tanya,di resep 1 katanya pake shortening ya???shortening tuh bentuknya yang kaya apa mbak???

Kampung Bunda mengatakan...

akhirnya nemu juga resep fondant yg komplit....makasih ats resepnya Mba..

Anonim mengatakan...

pagi mbak... mo nanya ne katanya fondant musuhan banget ne sama kulkas emang bener ya??? oya mbak klo resep cooked foundant itu cocoknya untuk cake apa ya n bisa gag untuk cake bertingkat n 3D???

Satriawan mengatakan...

waduh mantab banget,sangat membantu n jd tau apa aja resepnya bikin fondant,makasih... :-)

Nadine Aulia mengatakan...

enaaakk..
cari jilbab anak lucu di sini