27 Maret, 2009

Jebolnya Tanggul Situ Gintung

Innalillahi wa inna illaihi rojiuun
Posting hari ini lain dari biasanya. Tidak tentang dunia kerajinan. Ini tentang dunia manusia yang bikin hati miris. Siang dari televisi berita tentang jebolnya tanggul Situ (danau) Gintung di Ciputat yang mengakibatkan banjir bandang di beberapa perumahan di sekitarnya. Korban tewas yang terakhir saya dengar di berita 34 orang. Kemungkinan besar jumlah korban akan terus meningkat karena masih banyak warga yang melaporkan kehilangan anggota keluarga dan belum diketahui beritanya. Beberapa dari korban adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta yang sedang kost. Musibah terjadi pada dini hari, pada saat orang-orang masih tidur lelap. Banyak korban tewas terkurung di dalam rumah.
Dan yang bikin saya marah, penduduk sudah melaporkan kekhawatiran mereka akan kondisi tanggul sejak 2 tahun yang lalu. Laporan, tentunya, tidak direspons pemda setempat. Lalu November 2008 tanggul sempat jebol tapi tidak parah. Tanggul itu sendiri dibangun pada jaman Belanda (!!!) kalau aku tidak salah dengar di berita televisi dibangun tahun 1933 (!!!!!).
Dan sekarang semua sudah jadi tragedi. Berapa banyak nyawa yang hilang? Dan orang-orang yang berwenang itu, apakah mereka punya rasa bersalah akan kejadian ini?



(foto-foto dari detikNews dan detikFoto)