28 November, 2008

Resep Clay Tepung

Photobucket
Pada posting sebelum ini, di awal-awal halaman blognyasita, aku menulis resep clay tepung yang ukurannya hanya pakai perbandingan. Selama ini memang aku nggak pernah benar-benar mengukur berapa gram lem putih / lem FOX yang dibutuhkan untuk membuat adonan clay tepung yang pas. Patokanku selama ini hanya 'feeling' ditangan pada waktu membuat adonan. Kalau sudah terasa tercampur rata, adonan tidak terasa kering ataupun basah itu artinya adonan clay sudah jadi. Mungkin karena aku biasa membuat adonan kue kering atau roti ya? Tapi, kali ini aku mencoba mengukur berapa gram lem putih yang diperlukan supaya lebih jelas dan lebih mudah , nggak pake 'feeling' lagi Happy

Cute Resepnya adalah:
  • tepung terigu 40 gr
  • tepung beras putih 40 gr
  • tepung tapioka / kanji 40 gr
  • pengawet makanan dalam bentuk bubuk (benzoat atau sejenis) 2 sdt
  • lem putih atau lem PVAc 120 gr
Cute taruh semua bahan lalu aduk atau campur dengan tangan yang bersih dan kering. Uleni adonan dengan tangan hingga semua bahan-bahannya tercampur rata. Bersihkan sisa-sisa adonan yang menempel di tangan, campurkan ke dalam adonan besar. Simpan adonan clay tepung yang sudah tercampur ini di dalam kantong plastik, tutup kantongnya lalu simpan kantong berisi adonan clay di dalam kotak plastik supaya adonan terlindung dari udara sehingga tahan lama. Sebelum membentuk, cuci tangan bekas menguleni adonan dengan air terlebih dulu.
Oh ya, satu lagi, kalau membuat adonan dengan resep di atas dan memakai lem yang masih bagus, pemakaian hand body tidak dibutuhkan. Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, hand body / krim pelembab ditambahkan hanya bila adonan clay sudah agak kering.

Sekali lagi, pilihan cat yang dipakai adalah cat air, cat poster, cat akrilik.

Kalau mau mengilap, setelah pajangan kering benar disemprot cat pilox bening / clear, atau vernis akrilik atau cat kuku / nail polish warna bening.

Photobucket