27 September, 2008

Peralatan Sederhana Saya

Peralatan sederhana saya untuk membentuk clay (tepung). Yang sudah biasa membuat clay atau sudah membaca buku-buku mengenai clay pasti sudah mengenal alat-alat di bawah ini.


alat clay1

1. Gunting kecil yg ujungnya lancip
2. Gunting biasa
* Pinset ( Upgrade your email with 1000's of emoticon icons Lupa kasih nomor. Di foto letaknya di antara gunting biasa & alat khusus clay no.3)
3. Alat khusus untuk clay, berguna untuk membentuk lekukan dll
4. Alat khusus utk clay, ujung atas utk membuat cap bergambar bintang pd permukaan clay, ujung satunya utk membentuk
5. Alat khusus, fungsi ujung atas bisa digantikan tusuk gigi / tusuk sate / batang lidi
6. Ujung atas utk membentuk lekukan, yg bawah utk memotong clay.
7. Pisau yg tajam dengan ujung lancip atau bisa pakai cutter.

Gunting biasa (no.2) sebetulnya jarang dipakai untuk clay (apalagi kalau membuat bentuk-bentuk dalam ukuran mini). Gunting ini dipakai untuk memotong kertas, pita dan material lain yang dipakai untuk dijadikan pola atau untuk menghias clay yang sudah jadi.


alat clay2

Peralatan lain untuk clay (tepung):

1. Cat semprot warna bening / clear untuk vernis clay tepung yang sudah kering. Melapisi clay tepung yang sudah jadi dgn vernis adalah opsional, ada yang lebih memilih hasil akhir yang dof atau tidak mengilap. Selain cat semprot, untuk vernis bisa dipakai cat kuku nail polish warna bening atau acrylic varnish baik yang gloss maupun yang matte (tidak terlalu mengilap).
2. Lem putih baik untuk membuat adonan dasar clay tepung maupun untuk merekatkan clay.
3. Beberapa jenis cat, yaitu cat poster, cat air dan cat akrilik.
4. Body lotion, tidak usah yang mahal (yang saya pakai ini body lotion yang sudah kadaluarsa, jadi dipakai saja untuk clay Upgrade your email with 1000's of emoticon icons ). Berguna untuk membuat clay tepung yang sudah agak sedikit kering (asalkan clay tidak terlalu kering) menjadi lentur kembali, mudah dibentuk dan tidak pecah-pecah.
5. Eye shadow atau blush on (pemulas mata atau pemerah pipi), juga yg murahan (nggak apa-apa kalau mengandung merkuri, boneka clay nggak bakalan complaint Upgrade your email with 1000's of emoticon icons ). Cari warna yang cocok untuk mewarnai pipi boneka clay menjadi kemerahan. Dipoleskan memakai kuas atau cotton bud pada pipi boneka clay yang sudah jadi / sudah kering. Kalau boneka hendak di vernis, maka vernis dulu, tunggu kering lalu baru pakai pemerah pipi.
6. Tusuk gigi atau tusuk sate atau batang lidi. Gunanya banyak, untuk memperkuat boneka clay, untuk memberi warna, membubuhkan lem dan untuk membuat lubang (seperti waktu membuat hidung boneka) dan lain-lain. Berguna juga utk memberi warna pada adonan clay supaya bisa lebih mengatur warna yang dihasilkan. Ingat-ingat bahwa pada clay tepung, warna akan menjadi lebih tua apabila clay tepung yang diwarnai tersebut sudah kering. Lebih baik menambahkan cat sedikit demi sedikit daripada kebanyakan.




Berbagai jenis cat untuk mewarnai clay tepung. Dari kiri ke kanan, cat poster, cat air 2 tube dan cat akrilik. Cat poster merk Sakura warna Pale Orange (di foto paling kiri) pas untuk warna kulit.



Berbagai ukuran sedotan untuk membuat cetakan senyuman pada boneka. Dari kiri ke kanan:
sedotan minuman kotak (ukuran paling kecil), sedotan minuman kotak merah-putih (ukuran sedikit lebih besar), sedotan ukuran normal dan yang paling besar (paling kanan) sedotan bubble tea.



Gunting sebagian ujungnya sehingga berbentuk seperti di atas. Bye