26 Agustus, 2008

Cara Membuat Tas Behel Bagian II

6. Balikkan badan tas sehingga bagian bagus berada di luar (dalam hal ini bagian yang ada aplikasinya). Satukan bagian furing yg tidak dibalik dari langkah 5 dengan badan tas. Gabungkan kedua bagian dengan menjahit sepanjang garis A- B di bagian tepi atas (lihat gambar)



Photobucket


7. Keluarkan bagian badan tas melalui celah di dasar tepi bawah furing. Balikkan sehingga furing masuk ke dalam tas. Rapikan tepian atas (bila memakai kain yang tebal gunakan setrika untuk merapikan tepian ini) lalu jahit sepanjang tepian atas dengan jahit som.


Photobucket

8. Dengan benang yang berlainan warna dari warna bahan tas, jahit titik A ke lubang pada engsel behel tas. Lakukan hal yang sama pada titik B dengan lubang pada engsel yang satunya lagi. Jahitan ini hanya untuk sekedar menyatukan behel dengan badan tas selama proses pembuatan.

Photobucket

9. Apabila memakai pola tas yang memiliki rimpel / kerutan, maka jahit som sepanjang bagian yang berkerut tapi tidak usah dimatikan jahitannya, potong ujungnya dengan diberi jarak kira-kira lima jari dari akhir jahitan som.

Photobucket

10. Masukkan tepian atas ke dalam celah behel. Tarik benang untuk membuat kerutan pada bagian kerut, setelah kerutan rata dan rapi selipkan juga bagian berkerut ini ke dalam celah behel. Apabila susah menyelipkan kain ke celah behel, bisa memakai bantuan ujung gunting kecil. Rapikan.

Photobucket

11. Jahit tepian atas tas dan behel menggunakan lubang yang terdapat di sepanjang behel. Jarum dan benang masuk dari bagian dalam tas, keluar di lubang pertama behel, masuk ke lubang ke-2 menembus ke bagian dalam tas, lalu jahit lagi hingga keluar ke lubang ke-3 dan begitu seterusnya hingga lubang behel terakhir. Matikan jahitan di bagian dalam tas. Lakukan hal yang sama untuk sisi tas dan behel yang lain.



Photobucket

12. Agar jahitan yang menyatukan badan tas dengan behel kuat, lakukan dengan benang rangkap 2. Ulangi lagi menjahit satu kali lagi dengan benang rangkap dua, sehingga minimal dua kali jahit. Sekarang tas sudah tampak seperti pada gambar. Hilangkan jahitan awal yang menyatukan behel dengan tas (jahitan pada langkah 8) dengan bantuan ujung gunting kecil atau alat khusus untuk membuka jahitan.

Photobucket

13. Hias sekaligus tutupi jahitan pada lubang behel dengan menjahitkan payet seperti pada gambar. Hal ini tergantung selera, bisa juga jahitan pada behel tidak ditutup payet ataupun manik-manik dan dibiarkan apa adanya.

Photobucket

14. Buat tali untuk tas dengan menggunakan rantai untuk tas (dijual di toko perlengkapan menjahit) atau dengan untaian manik-manik.


Photobucket