20 Juni, 2008

Tirai Daur Ulang Kemasan Plastik




(foto-foto dari http://sakurasnow.wordpress.com)


Aku lihat ini di situs http://sakurasnow.wordpress.com waktu lagi nge-Google cari illustrasi bunga sakura. Menurut Suzanne (thank you!), si penulis blog, foto ini diambil di Capetown, Afrika Selatan. Di sana ada sebuah galeri yang membuat tirai / hiasan gantung dari botol dan berbagai kemasan plastik lain. Warna-warni! Bagus dan berguna ya? Selain bagian badan botol (ada juga botol plastik transparan seperti botol air minum mineral) dipakai juga tutup botol plastik. Semuanya diberi lubang lalu dironce pakai tali. Dari foto kelihatannya pakai tali tambang plastik biasa. Lalu disusun deh menjadi tirai.

Ide bagus dan artistik untuk daur ulang sampah plastik yang menumpuk. Mmm...kalau aku mau buat juga seperti ini, di rumah cuma ada botol plastik bekas Aqua, bekas minyak goreng (dua-duanya plastik transparan, belum ada yang berwarna), botol bekas bubuk cuci piring Vim (warnanya putih ajah!), botol bekas pelembut pakaian (nah ini baru ada warna-warninya! Ada yg pink, biru muda, ungu, oranye). Botol bekas apalagi yang ada di rumahku? Bekas obat batuk (OBH) berhubung sekarang lagi musim batuk-pilek di Jakarta Blowing Nose tapi itu warnanya hanya hitam gelap begitu aja. Dan butuh banyak sekali botol bekas warna-warni untuk bisa membuat satu tirai bagus seperti di gambar. Mungkin harus minta supply dari pemulung.

Anyway, it's a good recycling idea dan aku ingin info aja ke kalian semua yang barangkali membaca blog ini. Boleh dong bagi-bagi ceritanya kalau ada yang membuat? Terimakasih banyak sebelumnya lhoo...