13 Mei, 2008

Jane Austen

Sudah pernah lihat film ini? Pride and Prejudice dari roman karya Jane Austen, pengarang perempuan Inggris dari akhir abad 18 dan awal abad 19. Aku penggemar karya-karya Jane Austen. Aku punya buku ini, Emma, Sense ans Sensibility, Persuasion dan Northanger Abbey. Buku yang aku punya biasanya edisi Penguin Classic yang softcover, harganya tidak sampai ratusan ribu. Apalagi dulu, waktu aku beli sebelum tahun 1998, harganya hanya sekitar 25ribu sampai 35ribu. Aku suka karya-karya Jane Austen karena jalan ceritanya yang halus, para tokoh yang terkekang perasaan dan aturan etika pada jaman mereka. Film Pride and Prejudice yang dibintangi Keira Knightley ini salah satu film yang sukses mengangkat karya Jane Austen ke layar lebar. Ha ha ha...aku kok ngomong seperti kritikus film aja! Padahal kemungkinan besar karena aku kesengsem berat sama pemeran Mister Darcy Yowza



Aku baca di Amazon.com, ternyata film Clueless ( film terkenal tahun1995 dibintangi Alicia Silverstone) merupakan adaptasi modern dari novel Emma karya Jane Austen juga. Nah versi asli dari Emma ini juga pernah dibuat film dibintangi Gwyneth Paltrow. Yang ini aku juga punya dvd nya...bagussss juga.

Ada lagi karya Jane Austen yang dijadikan film dengan judul yang sama, yaitu Sense and Sensibility dibintangi Hugh Grant (I love this guy!), Kate Winslet dan Emma Thompson. Ini juga bagus. Aku suka sekali menonton film dengan setting eropa abad 17 sampai 19. Terutama suka dengan kostumnya.

Nah, karya-karya besar Jane Austen yang lain adalah Persuasion (sudah dibuat film layar lebarnya tapi aku belum pernah nonton dan gak punya dvdnya), Northanger Abbey dan Mansfield Park. Yang terakhir itu aku tidak punya bukunya. Selain itu ada juga beberapa roman yang ditulisnya waktu dia masih remaja dan dianggap tidak terlalu penting.