22 April, 2008

Kalung


Beberapa kalung buatan aku dan kakakku waktu mau jualan di suatu bazaar.  Jualan ga sukses, jadi tinggal kalungnya untuk kenang-kenangan.


Ini dari imitasi tourquoise dan mutiara air tawar.



Paduan kulit kerang yang diwarnai merah, manik-manik gelas dan mutiara air tawar.



Kulit kerang kuning dan kristal.

Adonan Clay Tepung Terlalu Lengket

Hari ini aku bikin adonan clay baru. Entah kenapa, adonan yang aku buat hari ini susah sekali jadinya. Tetap lengket walaupun sudah berkali-kali ditambah bahan tepung. Waktu diuleni pertama kali rasanya sudah kalis, tidak lengket di tangan lagi, tapi kalau dilepas sebentar langsung melekat ke tempat mengaduk adonan. Mungkin dari awal memang perbandingan antara bahan kering dan bahan basah (lem PVAC) memang kurang seimbang, bahan basah terlalu banyak. Atau mungkin diaduknya kurang merata jadi ada bagian yang sudah kalis, ada yang belum. Akhirnya setelah diuleni berkali-kali, ditambah bahan tepung berkali-kali juga, akhirnya jadi juga itu adonan. Mudah-mudahan sekarang sudah enak untuk dibentuk.

Hari ini aku juga lihat beberapa video di Youtube.com tentang polymer clay (banyak video tutorial yang berguna di situ, cari aja di bawah polymer clay). Lihat cara pemakaian polymer clay yang kelihatannya begitu gampang, dibuka dari bungkusnya, dipotong sesuai keinginan, diuleni dengan tangan sampai lunak, lalu dibentuk. Sementara aku mau bikin adonan dasar saja hari ini harus mengulang berkali-kali Perturbed. Maunya sih langsung pindah ke polymer clay (sombong, padahal belum pernah coba, jadi belum tahu apa aku bisa. Yang pasti harganya lebih mahal) dan gak gampang nemunya di sini. Ada juga di Depok, di tokonya mbak Wulan dari Andamari. Tapi Depok jauh bo... dan aku orang yang malas pergi jauh-jauh. Yah sudahlah... pokoknya adonan baru dari clay tepung sudah jadi, tinggal dikasih warna dan dibentuk-bentuk. Bentuk apa ya sekarang? Mau dibingkai ah, pesan bingkai di tukang (sudah pernah tanya, katanya sekitar Rp 40ribu/satu. Mahal juga!)

p.s. Elise dari claygeek.wordpress.com mengulas tentang blog ini lho... Waduh, rasanya seneng banget Bouncy 8 . Cihuy banget gitu loo. Sekali lagi terimakasih ya.