10 April, 2008

Clay Tepung Lengket di Tangan

Sebaliknya, kalau adonan clay terlalu lengket atau lunak begitu keluar dari tempat penyimpanan (adonanku biasa begini), maka jalan keluarnya adalah; bikin campuran ketiga macam tepung (tetap dalam rasio yang sama) dan pengawet makanan dalam satu mangkok. Kalau adonan terasa terlalu lengket dan lunak waktu mau dibentuk-bentuk, tepuk-tepukkan gumpalan adonan yang akan dibentuk (ambil hanya seperlunya, biarkan sisanya tetap di dalam tempat penyimpanannya) ke dalam campuran tepung. Uleni adonan dengan tangan, bila masih melekat di tangan tepuk-tepukkan lagi ke dalam campuran tepung, begitu terus menerus sampai adonan terasa kalis dan melekat lagi di tangan pada saat diuleni.

Clay Tepung Keras dan Susah Dibentuk

Kadang-kadang adonan clay tepung yang dibuat cepat keras dan retak-retak pada saat pengeringan. Ini bisa disebabkan beberapa hal, mudah-mudahan tips-tips di bawah bisa membantu (khusus buat reey):
(jadi spt ibu guru ni... he he he) Teacher

  • Mungkin jumlah lem kurang, ini bikin adonan belum apa-apa sudah jadi keras. Aku nambahin lem pake feeling, asal adonan jadi menyatu & ga lengket di tangan berarti sdh ok. Jangan lupa pake lem yg masih baru, artinya jgn lem yg sdh kelamaan disimpan & sdh menggumpal. Aku pernah beli lem yang di tokonya sendiri sudah lama jadi sudah agak menggumpal. Beli lem Fox dlm kantong plastik lebih murah drpd dlm botol plastik. Kantong plastik biasanya dijual di toko bahan bangunan, botol plastik di toko ATK atau Gramedia.
  • Setelah jadi, simpan adonan di tempat yg kedap udara, bagusnya di tupperware (krn merk ini kedap udara) atau dibungkus dalam kantong plastik dulu baru disimpan di kotak plastik tertutup.
  • Selama membuat bentuk-bentuk, tutup kotaknya jangan kelamaan dibuka krn clay lain yg kena udara terbuka lama kelamaan mulai jd kering. Ambil clay seperlunya saja utk dibentuk, sisanya disimpan baik-baik di tempat tertutup rapat.
  • Kalau clay menjadi sedikit keras atau kering, biasanya di bagian pinggiran adonan agak kering krn sdh terlalu lama disimpan atau penyimpanannya kurang kedap udara, pengalamanku pake body lotion bisa membantu clay jadi lebih lunak dan gampang dibentuk lagi. Caranya buang bagian pinggiran yg berbutir-butir kering, lalu adonan diuleni lagi dgn tambahan body lotion (ga peduli merk apa, paling murah aja) sedikit demi sedikit sampai terasa lunak, adonannya menyatu lagi (ga ada yg terpecah-pecah, ga ada lagi butiran-butiran keras) dan jadi gampang dibentuk lagi.
Mudah-mudahan tips-tips di atas bisa membantu. Hello