25 November, 2008

Kue Kering Havermut



Sore-sore musim hujan begini enaknya minum teh hangat sambil makan kue. Beberapa hari yang lalu aku bikin kue kering havermut. Resep lama yang sudah sering aku bikin untuk teman minum teh di rumah. Rasanya enak, gak terlalu manis sesuai selera saya, menteganya terasa dan juga ada krenyes-krenyes dari havermutnya. Bikinnya gampang dan bahan-bahannya gak ada yang mahal. Untuk mencetaknya juga tidak diperlukan cetakan kue kering, hanya pakai dua sendok dan garpu. Mau coba?

Photobucket Resepnya:
75 g gula halus
100 g mentega (atau kombinasi dgn margarin setengahnya)
1 butir telur
100 g tepung terigu diayak
100 g havermut

Photobucket Caranya:
kocok gula dan mentega sampai putih dan naik. Masukkan telur, kocok lagi sebentar hingga tercampur rata. setelah itu, masukkan tepung dan havermut, aduk rata dengan spatula atau sendok.

sediakan loyang yang sudah diolesi margarin dan ditaburi tepung. Bisa juga mengalasi loyang dengan kertas minyak. Ambil adonan memakai sendok, lalu dengan bantuan sendok lain bentuk menjadi bulat dan letakkan di atas loyang. Ulangi lagi, taruh di atas loyang dengan memberi jarak karena kue kering ini mengembang pada saat dibakar. Setelah itu, tipiskan adonan di atas loyang dengan garpu. Sendok yang dipakai bisa sendok teh (untuk kue kering berukuran kecil atau sedang) atau sendok makan untuk kue kering berukuran besar.

Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya dengan panas sedang sampai masak dan warnanya kekuning-kuningan.
Photobucket

4 komentar:

Vina mengatakan...

liat langsung ngiler nihh, saya langsung coba nih,thanks

Anonim mengatakan...

thanks mba'u resepnya bak pucuk dicinta ulam tiba...langsung coba aaahh untuk anak-anak..

Sita mengatakan...

hayo ibu-ibu...sayang anak, sayang suami, sayang diri sendiri :) Mudah-mudahan sesuai selera

ketty mengatakan...

resepnya sesuai selera saya mbak, hanya saya ganti sedikit jadi gulanya 100 gr juga... ijin share di blog saya ya mbak...