15 Agustus, 2008

Let's Go to Mangga Dua !

Pergi ke Mangga Dua naik kendaraan umum? Hayuk! Nggak usah repot ngadepin macet, nggak usah mikirin cari parkir. Patokannya, berangkat setelah jam orang kantoran & sekolah berangkat, pulangnya sebelum rush hour arus balik. Sampai Mangga Dua aku dan keponakan langsung menuju Gedung Pasar Pagi Lantai 3. Tempat berkumpulnya toko-toko alat keperluan crafts, terutama untuk beads dan felt. Keluar-masuk toko, tanya-tanya harga dan lihat-lihat barang. Rasa lapar agak ditahan sebentar berhubung survey lapangan belum kelar. Setelah sudah dapat gambaran kira-kira mau beli apa dan dimana, tapi terutama karena perut sudah nggak mau kompromi minta diisi, akhirnya survey ditunda dulu untuk makan siang. Nggak mau meninggalkan lantai 3, kami pilih makan soto betawi. Sambil makan, sambil membicarakan strategi berikutnya. Keponakan mau beli kristal / berlian tempel untuk menghias handphonenya. Paling bagus memang pakai kristal tempel dari Swarovski, kilau dan warna kristalnya paling oke. Tapi untuk shopper yang sangat memperhatikan harga (seperti kami berdua Big Smile) pilihan akhirnya dijatuhkan kepada kristal tempel non Swarovski. Yang mungkin tidak bisa lagi disebut kristal* karena materinya bukan terbuat dari kristal gelas tapi dari plastik. Kilauan warnanya jelas tidak seindah Swarovski. Akhirnya keponakanku itu beli warna merah tua dan hitam. SPG toko menawarkan warna pink, keponakan meringis. No pink or pastel colors for her. Dia bukan girlie seperti tantenya ini. Seleranya lebih ke arah gothic, maunya yang gelap-gelap, suram. Sementara dia belanja kristal (plastik) tempel, tantenya di toko lain beli manik-manik dari plastik. Ada yang warna pink dan putih (wua ha ha! Apalagi seeehhh...). Ukurannya bundar, besar-besar. Rencananya mau dijadikan bagian dari tas yang sedang dalam proses pembuatan. Setelah berjam-jam di lantai 3 (yang makan waktu berjam-jam, itu pun dipersingkat karena masih ada yang mau dibeli di tempat lain dan mengingat harus pulang sebelum rush hour), akhirnya pindahlah kita (eh kami) ke tempat lain. Nah, yang seru nih waktu sampai di lantai 4 Gedung ITC Mangga Dua. Berhubung pernah ada yang meninggalkan pesan di kotak Shoutmix tentang toko dan tempat kursus clay di lantai 4 blok B, maka aku cari deh toko itu. Nama tokonya Hikari's Art, letaknya di Gedung ITC Mangga Dua lantai 4 blok B nomor 8A & 8B (weehh...lengkap bo!). Toko ini memberikan kursus membuat miniatur dan boneka/patung dari clay, tole, decorative painting dan decoupage. Serunya di Hikari juga dijual miniatur-miniatur yang sudah jadi seperti sendok, pisau, penggorengan, teko, piring, gelas, botol sampai kaleng kerupuk... pokoknya pernak-pernik isi lemari dapur ada deh di sini. Semuanya dalam ukuran mini. Aku juga lihat ada lampu chandelier mini. Jadi kalau mau mendekor sebuah rumah boneka atau miniatur/diorama dari clay, bisa beli barang-barang pelengkapnya di toko ini. Selain itu, Hikari juga menjual miniatur dari clay yang sudah jadi seperti miniatur cake dan makanan lain. Clay 'mentah' beserta peralatannya juga dijual. Aku seneng sih lihat-lihat. Tanya-tanya, ambil kartu nama (nih di bawah) tapi sejujurnya aku di toko ini nggak beli apa-apa Blushy 2 Mungkin lain kali, yang penting sekarang aku sudah tahu memang ada toko perlengkapan clay di ITC Mangga Dua. Dan memang toko Hikari's Art ini yang dulu pernah secara tidak sengaja aku lihat dan sempat aku cari-cari sesudah senang main dengan clay. Tapi berhubung kantong tidak memungkinkan, untuk sementara waktu clay pilihanku masih tetap clay tepung saja. Ekonomis, manis dan tidak membuat meringis Goofy



Habis dari Hikari's Art, lihat-lihat lagi seputar lantai 4 ITC (yang penuh dengan butik-butik yang dekornya lucu-lucu) kami terpaksa harus pulang. Nggak sempat melihat-lihat lantai 5 ITC yang katanya ada banyak toko crafts. Lain kali ya, harus ngejar Transjakarta dulu neee (sekian jam muter-muter di salah satu pusat perbelanjaan terbesar dan terkenal di Jakarta hasilnya hanya belanjaan sebanyak satu kantong kresek hitam kecil. Mmmm... habis belanja di Mangga Dua atau habis beli gorengan neng?)
Hello

* Kristal = campuran gelas dan timah hitam yang dileburkan pada suhu amat tinggi sehingga menghasilkan kristal gelas dengan kemampuan memantulkan cahaya jauh lebih besar daripada gelas biasa. Kristal dengan kandungan timah hitam 35% memiliki kilauan paling tinggi dan tingkat kesulitan dalam proses pembuatan yang paling sulit pula. (sumber dari Wikipedia.org)

** p.s: aku nggak ada hubungan komersil apa pun dengan Hikari's Art. Yang aku tulis di sini semata-mata untuk informasi bagi sesama crafters.
Sculptor

5 komentar:

d priss mengatakan...

hi blongnya seru ^^
saya jg pny hobi yg sm sprt mbak..
Mau tny apa mbak pny referensi toko2 bahan2 clay di ITC Mangga Dua (selain Hikari's Art)?
Coz waktu hari minggu saya sempat k sn and mencari2 toko clay tp unluckly sy nga ktmu :(
Muter2, cr2 and tny2 sm org2 dsn katanya kl hr sbt/minggu toko clay tutup :(

Sita mengatakan...

sayangnya sampai sekarang belum ada referensi toko lain di Mangga Dua (juga krn belum ke sana lagi sejak bikin posting ini). Nanti kalau ada info tambahan pasti aku tulis di blog. Thanks ya

Amel's Favourites mengatakan...

Wahh, makasih banyak mbak Sita...
Saya Jadi ada referensi kalo mau cari clay...
Saya emang pengen banget bikin, tp nggak tau dimana belinya...
Claynya itu mahal2 banget nggak sih mba...??

Lanny Janto mengatakan...

Di Hikari's art ITC Mangga Dua Lt 4 Block B 8B ada jual buku2 clay dan pachtwork anda bisa membelinya harga discount. Buka toko dari senin sampai sabtu, minggu tutup. Setiap hari ada kursus miniatur clay.

Mira Mumu mengatakan...

Mba.. Aku kok gak ketemu ya tokonya.. Apa udah pindah? Itu di ITCnya apa pasar paginya? Ada kontak yang lain gak? Mohon di jawab.. Lg addict banget nih sama craft.. Thanks ��