03 Juli, 2008

HATI-HATI BAHAYA!




Hallo! Ini aku baca di Craftzine.com.  Yg suka kriya / crafts pasti banyak yg punya salah satu glue gun seperti ini di rumah ya?  Mungkin hampir 100% buatan Cina, krn murah dan tersedia di mana-mana.  Di Amrik glue gun ini dianggap berbahaya karena mudah korslet sehingga dapat menimbulkan kebakaran.  Yah, just for your information, readers.  Kita-kita di Indonesia sini memang tidak ada perlindungan sebegitu ketatnya terhadap konsumen.  Nggak bakalan ada anjuran untuk tidak menggunakan alat lem tembak seperti ini dalam waktu dekat.  Apalagi tindakan penarikan barang dari pasaran.  Apalagi garansi adanya pengembalian uang atas barang yang sudah dibeli seperti yang disediakan di Amrik ini... Kasiannn deh kita-kita. Untuk yang membaca, ayo deh saling mengingatkan di antara pemakai alat lem tembak ini.
Mungkin jadi orang Indonesia memang harus lebih tebal kulitnya, lebih sakti, lebih tegar, lebih pintar, lebih sabar, lebih tabah, lebih... Yah sudahlah!

Jadi, hati-hati aja kalau sedang pakai lem tembak.  Jauhkan dari barang-barang yang mudah terbakar.  Jangan ditinggalkan dalam keadaan menyala apabila tidak sedang dipakai.  Jangan digunakan oleh anak-anak kecil.  Lemnya panas sekali, apalagi kalau terkena ujung 'tembakannya'... Percaya deh, aku berapa kali kena lem panas maupun kesenggol ujungnya. Lumayan, melepuh dan nyut-nyuut beberapa hari kalau tidak langsung diurus / diobati.  Dan soal lem tembak korslet pada saat sedang dipakai...itu juga sudah pernah dua atau tiga kali, kalau tidak salah ingat.  Seru!  Pernah pakai ada letupan kecil segala!  Karena aku orang Indonesia, aku cuma komentar "Weehh...ada petasannya!" Terus kabelnya dicabut dan alatnya dibuang ke tong sampah.  Dan terusin kerja sambil mikir, "Untung nggak kenapa-kenapa".  Coba kalau aku orang Amerika atau negara maju lain. Mungkin aku bungkus barangnya dan dibawa ke toko yang menjual, complaint dan minta pertanggungjawaban atau minta diganti dengan yang baru dan yang lebih aman dipakai.  Tapi, karena aku bukan orang Amerika, nggak ada tempat untuk melapor atau minta pertanggungjawaban. Terima saja dan bersyukur korslet itu tidak menimbulkan bahaya yang lebih besar.  Begitu deh.!


Dollar Tree recalls 470,000 China-made glue guns

Tue Jun 24, 8:55 AM ET

WASHINGTON (Reuters) - Dollar Tree Inc recalled about 470,000 Chinese-made hot glue guns because they are a fire hazard, the U.S. Consumer Product Safety Commission said on Tuesday.

Dollar Tree said it was aware of four incidents in which the recalled Crafters Square Hot Melt Mini Glue Guns short-circuited, causing the craft gun to smoke. No injuries have been reported.

The recalled glue guns were sold from December 2007 through March 2008 for about $1 each, the safety agency said in a statement. Customers should stop using the recalled glue guns and return them to the store where purchased for a refund.

7 komentar:

Fun mengatakan...

weks..ngeri bangett yak bisa begitu... duuuhh padahal baru beli loh... agak mahalan sich.. cuman tetep aja buatan china.. hehehe :)
padahal aku sangat kebantu loh ama lem tembak ini.. :)

Sita mengatakan...

Aku juga ttp pake lem tembak. Emang ngebantu bgt, asal hati-hati aja jgn pake dekat benda2 yg gampang terbakar. Yah namanya org Indonesia, kita lebih sakti dr org Amrik, he he he!

Anonim mengatakan...

hahaha.. ya iyala.. orang kabelnya setipis itu kok..

arie rahady mengatakan...

Punya ane barusan meletus MCB rmh rusak oi. -__- parah parah akk lihat setelah d bongkar. Itu lem kongslet cz lem nya masuk ke pemanasnya jd letup letup kayak petasan, untungnya rumah utuh

Deni Gustiana mengatakan...

Aku udah 2kali beli baru satujam udah meletus koslet,timbul suara dan cahaya

Deni Gustiana mengatakan...

Aku udah 2kali beli baru satujam udah meletus koslet,timbul suara dan cahaya

Unknown mengatakan...

Td mlm punya saya jg konslet,,, kyak mledak gt,,,,,prsis seperti yg d gmbar it 😢😢😢😢😢 .....kira2 rekomendasi merk yg aman apa y