20 Juli, 2008

Cara Memasang Behel / Bingkai Tas dari Metal



Ini tas polkadot dari bahan satin. Warnanya yang gonjreng disesuaikan dengan warna manik-manik akrilik yang aku pakai untuk rantai tas dan penghias pada behel atau bingkainya. Tas ini memakai behel atau frame atau bingkai untuk tas dari metal. Bingung ya, namanya kok banyak sekali? Kalau mau beli di toko perlengkapan membuat tas, sebut aja behel untuk tas.
Berikut ini sedikit 'resep' pribadi untuk membuat tas memakai behel / bingkai dari metal.



Behel / bingkai tas dengan lubang untuk memasukkan benang jahitan

Behel atau bingkai tas dari metal seperti ini ada beberapa macam. Yang dijadikan tas polkadot di atas memiliki lubang-lubang disepanjang bingkainya. Untuk model behel / bingkai tas seperti ini, aku menjahit badan tas ke lubang-lubang pada bingkai metal tersebut. Supaya jahitan kuat, minimal aku menjahitnya dua kali. Minimal lho...biasanya lebih dari itu. Jahitan pertama dengan benang 2 atau 4 lapis. Lubangnya cukup besar-besar, jadi beberapa lapis benang dengan jarum yang cukup gendut juga bisa masuk. Jahitan tersebut kemudian ditutup dengan manik-manik kecil atau mote beras atau payet atau gabungan keduanya. Manik-manik dijahitkan terakhir kali pastinya.

Behel / bingkai tas tanpa lubang



Tang khusus untuk menjepit behel tas


Ada lagi behel yang tidak punya lubang-lubang sama sekali. Lihat gambar di atas. Cara memasang behel jenis ini adalah dengan bantuan tang. Ada tang khusus (lihat gambar) untuk menjepit behel tas. Aku pernah baca di sebuah buku, cara memasangnya adalah dengan merekatkan badan tas ke behel memakai lem khusus. Aku nggak pernah pakai cara tersebut, karena nggak tahu lem jenis apa yang bisa dipakai (itu buku import, dan buku itu tidak menyebutkan nama atau jenis lem apa yang dipakai). Jadi, aku memasang behel jenis ini dengan menjepit pakai tang khusus yang bentuknya seperti di foto. Untuk menjepit behel butuh tenaga kuli Strong Jadi kalau tidak punya tenaga kuli, ya minta tolonglah kepada kuli pribadi (kakak cowo, suami, pacar dll) atau kuli beneran yang ada di sekitar anda.

3 komentar:

eLicHaB3tH mengatakan...

Kak, saya mau tanya, di mana beli behel tersebut? atau perlengkapan tas yang lain misal pegangan kayu (biasa ada di tas2 etnik), pokoknya perlengkapan membuat tas yang komplit... beli di mana ya. Kalau ada nama toko & lokasinya... Thanks

anwar iqna a.k.a Xna kool mengatakan...

keren... nice post.

blogwalking nih... top tips nembak keyword pake google insight

cumaiik mengatakan...

Haii...
Yang suka bikin tas..
Aku ada perlengkan bikin tas..ada ring D, ring kotak, cantolan, ring oval buat cantolan, bisban buat tali panjang...
Masing2 1gros (144 biji) aku beli total 300an...aku lepas 170 ajah..cz salah beli ...ini produk lokal