04 Juni, 2008

Kalung Polkadot

Hallo Bloggie doggie.

Lupa, belum pamer kalung dari clay tepung yang ini. Membuatnya guampang! Adonan clay ditaruh diantara dua lapis plastik, lalu digilas pakai penggilas kue kering (bisa juga pakai pipa pralon, atau botol bekas, atau pipa penggilas khusus untuk clay kalau punya). Ingat, jangan digilas sampai terlalu tipis karena nanti setelah kering bentuknya bisa agak keriting.
Setelah digilas, cetak bentuk bulat pakai cetakan kue kering atau pakai gelas yang pinggirannya sudah diberi sedikit tepung (supaya clay mudah dilepaskan dari gelas). Buat lubang untuk tali kalung memakai sedotan. Angin-anginkan hingga setengah kering. Ini untuk gantungan kalung.

Buat bola-bola clay kecil dari warna-warna lain. Lekatkan pada gantungan kalung di atas dengan bantuan sedikit lem putih. Tekan dengan ujung jari sehingga bola-bola clay tersebut menjadi pipih. Tempelkan berlian plastik atau berlian tempel di atas bola-bola tersebut memakai sedikit lem putih juga. Berlian plastiknya ditekan sedikit supaya 'tertanam' ke dalam lapisan clay.
Biarkan hingga kering betul. Gantungan kalung atau leontin dari clay tepung sudah jadi! Tinggal masukkan tali untuk kalung. Aku pakai tali kulit imitasi, tapi bisa pakai tali/cord satin, tali kulit asli atau pakai rantai.

Jepit kedua ujung tali kalung memakai alat seperti ini:
Belinya di toko-toko yang menjual peralatan membuat aksesoris atau peralatan menjahit. Untuk di Jakarta contohnya di Pasar Rawabening - Jatinegara atau di Pasar Pagi Mangga Dua lantai 3. Ujung tali tinggal diselipkan di dalam celah, lalu dengan bantuan tang celah itu dirapatkan sehingga menjepit tali kalung. Maaf ya gambar atau keterangannya nggak bisa lebih jelas lagi.

Lalu untuk kait kalung bisa pakai yang seperti ini:



Tidak ada komentar: