03 Juni, 2008

Clay Tepung Jamuran

Waduhh...sudah lama blog ini aku cuekkin... Gimana ya, aku males bikin posting yang nggak ada fotonya, rasanya nggak seru. Kalau bikin-bikin dari clay sih masih. Bikin kue yang lagi pensiun dulu sebentar, karena oven di rumah mogok kerja setelah berpuluh tahun mengabdikan diri.
Malam ini aku lagi terkena serangan insomnia, buka internet dan nengok blog, ternyataYayan punya masalah dengan jamur. Maaf ya jawabnya baru sekarang. Aku juga sering kena jamur... eh maksudnya clay buatanku yang kena jamur, bukan orangnya (kalaupun iya orangnya yang jamuran, nggak ada yang tau 'kan? he he he). Penampilan clay jadi seperti agak berbulu, kalau permukaannya dipegang seperti ada tepung-tepung atau debunya (atau mungkin memang beneran debu?) Happy , warna clay jadi kusam jelek. Betul nggak? Kemungkinannya ada beberapa, aku juga belajar dari pengalaman yang belum lama, mudah-mudahan bisa membantu.

Clay jamuran mungkin karena pemberian pengawet makanan dalam adonan clay kurang banyak. Sayangnya aku nggak pernah mengukur berapa gram pengawet makanan yang dimasukkan ke dalam clay (soalnya di dalam buku-buku para pakar juga tidak diberi tahu ukuran gram persisnya). Tapi kira-kira aja, kalau memakai ukuran 1 cup untuk masing-masing jenis tepung (ukuran cup yang biasa dipakai dalam resep Amerika, biasa dijual dalam bentuk 1 set, ada 1 cup, 1 sendok makan, 1 sendok teh, 1/2 sendok teh dst) aku biasanya menambahkan pengawet makanan nggak kurang dari 1 sendok makan. Lebih sedikit menurut aku juga nggak apa-apa, toh clay ini pada akhirnya bukan untuk dimakan, iya nggak?

Kemungkinan kedua, mungkin clay belum benar-benar kering sudah disimpan di dalam tempat tertutup. Waktu untuk pengeringan ini nggak bisa seragam (tergantung tipis-tebalnya clay dan suhu udara). Clay yang tebal tentu butuh waktu pengeringan yang lebih lama. Tempat tertutup di sini bisa berupa lemari pajangan yang ada pintu dari kaca, kotak mika atau kantong plastik. Yang terakhir ini yang aku pakai untuk menyimpan clay supaya tidak kena debu. Rupanya, tempelan lemari es atau magnet dari clay yang aku simpan di dalam kantong plastik belum benar-benar kering. Yang kering ternyata baru permukaan luarnya saja, lapisan dalam masih lembab. Hasilnya hampir semua tempelan lemari es itu berjamur. Terpaksa aku keluarkan lagi dari kantongnya, dijemur ulang sampai benar-benar kering.
Elise dari claygeek.wordpress.com pernah memberi saran dijemur di depan kipas angin supaya clay lebih cepat kering.

Kemungkinan ketiga, keadaan negara kita yang tropis dan lembab sehingga pada dasarnya jamur memang lebih gampang berkembang biak. Clay yang dilapisi vernis setelah kering benar (misalnya pakai cat pylox bening atau cat kuku bening) lebih tahan terhadap serangan jamur dibandingkan clay yang polos. Tapi, ada tapinya... Penampilan clay jadi mengilap (bahasa indonesia yang betul mengilap atau mengkilap atau mengkilat ya?) Ada yang lebih suka clay yang matte, tidak mengilap, jadi tidak pakai vernis. Ini sih tergantung selera.

Jangan lupa juga untuk cuci tangan (minimal tangan jangan kotor berdebu) sebelum memegang adonan clay.

Resepnya baru ada empat. Mudah-mudahan bisa mencegah masalah jamur pada clay tepung. Lain kali kalau terpikir resep lain aku tambahkan lagi di sini. Atau mungkin ada yang punya resep lain?

4 komentar:

Din-Din mengatakan...

halo sita, din pengen nambah dikit ya!

kalo din pribadi, ga sreg kalo bikin clay dari tepung makanan, karena resiko berjamur itu pasti ada, kan malu yah kalo berjamur saat udah dibeli orang, bisa2 ga laku dah dagangan kita. Atau misalnya kita kasih hadiah ke temen, tau2 jamuran wedeewww maluuu dah... Din pribadi pernah membuat clay dari tepung2 kue itu, dan dibawa temen ke Belanda sebagai kenang2an, sampe skrg Din belum ketemu dengan teman Din itu, pengen tanya apa claynya jamuran udah 1 th soalnya hahaha

Kalo din pribadi, din pernah membuka kursus clay, dari sana din bekerja sama dengan seorang teman dari korea.Tepung yang dipake emang lebih mahal, tapi tidak berjamur, ini udah masuk tahun ke 6 hahaha... Stock tepung di tempat din2 juga masih banyak, karena skrg Din ga ada waktu utk buka kursusan clay! Malah skrg din lihat murid2 Din pada lebih pandai dan buka kursusan clay sendiri hehehe jadi bangga deh ;)

Oh ya mungkin ada temen2 yang minat ama tepung clay asli korea, Din masih ada stocknya, harganya RP.25 rb, sewadah Aqua gelas kalo ga salah, ga pernah nimbang, udah packing! Tinggal dicampur dengan lem putih! Clay ga bakal jamuran dah, soalnya itu tepungnya asli clay bukan bahan makanan spt tertera di buku2 yang saat ini banyak beredar!

Segini aja sharing dari Din2 ya, semoga bermanfaat utk Sita dan temen2 lainnya!!


Sukses clay mania!! :P

efa mengatakan...

@din-din
masi jual adonan claynya ga? minat nihh

email yah ke efalinazhang@gmail.com

thanks

Yulistia Clay mengatakan...

Halo Sita. Aku Yulistia juga hobi bikin clay. sekedar nambah info aja, biasanya tepung yg aku pake: tepung maizena, tepung kanji, & tepung beras. Pernah nyoba pake tepung terigu,hasilnya lembeeek banget. gak cocok. setelah itu, tepung2an tadi ditambah pengawet makanan. aku pake benzoat merk holland. takarannya seperenam dari jumlah total tepung2an. kalau terlalu sedikit, boneka clay nya gampang jamuran. tapi kalu kelebihan,adonan clay nya jadi agak keras. jadi memang takaran yg pas,ya 1/6 tadi itu. setelah boneka clay nya bener2 kering, baru divernish.vernish nya pake vernish akrilik lebih bagus,warna tidak berubah.tapi hasil boneka ku jarang banget aku vernish. & sampe sekarang belum pernah kejadian jamuran. tapi untuk miniatur buah & makanan,memang lebih bagus divernish.hasil lebih mengkilat & jadi tampak menggiurkan. begitu... sekian aja tambahan infonya. semoga bermanfaat buat semua orang. bye....

Unknown mengatakan...

Merek apa yha sis vernish akriliknya?