06 Juni, 2008

Buku Tentang Clay Tepung

Lupa... Setelah sekian bulan punya blog yang kebanyakan ngomong tentang clay tepung, aku malah belum pernah masukkin dua buku yang mengajari aku pertama kali tentang clay tepung.
Buku pertama yang aku punya adalah buku karya ibu Monica Harijati Hariboentoro ini,



aku beli setahun yang lalu (bulan Mei 2007) di Gramedia dekat rumah. Thanks to her (book) aku jadi bisa bermain lagi dengan clay yang bisa keras kalau kering dan bisa dipajang agak lama Bow Down
Dulu waktu masih kecil juga sudah pernah hobby main-main dengan clay dari roti putih. Dulu itu ceritanya mamaku belajar di tempat arisannya tentang membuat pajangan dari roti putih yang (kalau gak salah...maklum jadul banget) dicampur krim rambut (dulu merknya Brylcream, yang biasa dipake oom-oom dengan rambut berjambul dan mengkilat Goofy ), cat minyak dan pengawet makanan (borax).
Makanya waktu aku lihat buku pajangan lucu dari tepung kue ini aku tertarik dan beli, ceritanya teringat masa lalu.

Buku kedua karangan Indira ini.


Bukunya lebih tipis dari buku pertama, nggak berat di kantong jadi nggak terlalu mikir banyak untuk beli atau nggak beli. Bentuk orang-orang di buku punya Indira ini buat aku pribadi lebih lucu, warna-warnanya pastel, lucu-lucu. Ibu Monica jago banget membuat miniatur makanan dan miniatur lain yang bentuknya mirip seperti barang-barang aslinya. Aku sendiri rasanya nggak bisa deh bikin miniatur yang mirip dengan aslinya. Lebih suka dan lebih bisa bikin orang-orangan yang sederhana, binatang (seperti anjing) dan yang bisa dipakai seperti kalung, bros dll.
Tapi ngomong-ngomong soal buku karangan Indira... I must say I think she (or he?) is a little bit mysterious. Di bukunya sama sekali tidak ada fotonya. Namanya juga hanya Indira, nggak ada embel-embel lain. Selain nama yang singkat itu, data lain tentang si penulis hanya alamat e-mailnya di yahoo.com.

Selain kedua buku (ditambah buku import yang aku dapat dari tukang buku loak yang sudah pernah aku ceritakan sebelumnya di blog) aku nggak atau belum pernah beli buku lain tentang clay. Maunya sih beli buku import dari Jepang tentang clay... Harganya tus-tus (meletus!). Cuma bisa dipegang-pegang, dibaca halaman dalamnya beberapa lama (nggak bisa lama karena SPGnya berdiri dekat-dekat aku, he he he) terus dikembalikan lagi ke atas rak pajangnya di Gramedia. Lalu pergi menjauh sambil tarik napas..., 'bye bye pricey imported book from Japan that I can't afford...hiks! Remember my sad face when you have been bought by some lucky person other than me...'Bye Bye

10 komentar:

Anonim mengatakan...

yuuukzzzz...
aq sekarang juga lagi suka banget ney m clay..cuma..kalo buat dari tepung, ancuur banget jadinya.. kasih saran dumz..gmn biar g ancur, truz biar mengkilat gituh..kaloo bukuna indra tuh aq dah punya..tapi susah banget yah ngikutinnya...tuker pikiran yuukz...
makasieh...^^

lidya

Sita mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Sita mengatakan...

Aku sudah tulis komentar tapi aku hapus sendiri krn belum lengkap...
Aku gak ngerti maksudnya Lidya 'ancur' di sini, apa clay terlalu keras & susah dibentuk? Mungkin lemnya bukan yg baru, jadi sdh agak mengeras dan menggumpal? Mungkin ada jawabannya di posting2 aku di bawah label 'modeling clay buatan sendiri'. Kalau mengkilat aku pake cat pylox bening atau cat kuku (nail polish) bening setelah clay kering betul. Tentang buku Indira, iya susah. Tapi hasilnya lucu2. Coba terus Lidya. Pasti bisa!

raaraa mengatakan...

aku punya yang bukunya monica harijati hariboentoro..

f0nk_1inx mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
f0nk_1inx mengatakan...

mau tanya,buku impor Jepang yang tentang clay tu judulnya apa yah? harganya brapa?

btw,aku mo nanya,ni aku baru aja mau blajar clay,hehe..tertarik si dengan bentuk2nya yg lucu (tapi liat cara buatnya kok kayanya gampang2 susah ya T.T)..
mnurut mbak Sita,tips2 apa aja supaya aku yg pemula bisa menguasai clay?
kesulitan yang biasanya dihadapi dlm bljr clay apa aja?

thx a lot buat jawabannya

Sita mengatakan...

buku impor jepang ttg clay ada banyak, bisa dilihat/beli online di (aku kasih bbrp link aja ya)
http://clay2clay.multiply.com
http://iwser029.multiply.com
http://cerracraft.multiply.com
silakan menghubungi sendiri, aku hanya kasih info.

tips2 spy bisa menguasai clay: jangan bosan utk berlatih terus. Dgn buku clay lokal spt yg aku tulis di blog sudah bagus utk pemula. Ikutin aja step by stepnya. Selamat belajar. Semua juga berawal dari tidak tahu dan tidak bisa kok. Ciao!

f0nk_1inx mengatakan...

aku uda coba buat adonan clay (untuk pertama kalinya)..menurut ku mayan berhasil lah,hehe..ga terlalu lengket,juga ga kering..

tapi kok begitu aku campur dengan cat poster,jadi kering yah adonannya?ga lengket sperti sebelumnnya..malah kerasa halus2 tepung gitu..

itu napa yah sebabnya?

thx

Feli

dwi mengatakan...

alow mba...
sya tertarik skali ne dgn pembuatan aksesoris di bahan clay. seprti gantungan hp misalx. tapi masih ada yang sya tanyakan, clay apa yang biasax digunakan utk membuat aksesoris,sprti gntung hp?? krn banyk skli jenis clay. mohon infox mba ya... coz bisa dibliang sya msih pemula... ^-^

Anonim mengatakan...

salam kenal nama saya nyunyuf,, saya jga suka sm clay,, ti saya ad kendala dlam mmbuatny,, knpa kdang2 clayny saat kering ad yg retak2 y??? trimaksih.. :)