23 Juni, 2008

Blogging Fever

Iya nii...sepertinya aku terjangkit demam blogging.  Hobby ngutak-ngatik blog, tambahin ini-itu. Penemuan terakhir bikin slide di slide.com.  Sudah jadi nih slidenya, sudah di embed (apa ya bahasa indonesia untuk kata ini?) ke blog.  Terus liat-liat di slide.com ternyata ada frame yang lebih lucu dari yang aku pilih sebelumnya.  Hayo deh diganti lagi.  Download en upload. Hasil akhirnya seperti di bawah.  Itu juga sudah pakai gonta-ganti tempat.  Tadinya slide dipasang di atas, di bawah judul blog, tapi kok kelihatan bentrok sama glitter text 'welcome'.  Akhirnya si neng slide dipindah ke bawah kotak posts.  Dipilih frame yang warna pastel dan ada bunganya.

Nah, pengalaman kedua adalah bikin blog khusus untuk jualan.  Kakakku yang tinggal di Singapura bawa barang-barang IKEA dari sana.  Mau dijual di toko di sini.  Aku mau coba jualan lewat internet.  Kata kakakku orang kita nggak cocok dengan sistem jualan seperti itu.  Tapi, apa salahnya mencoba, iya nggak?  Semua bisa dipelajari asal ada kemauan. Hasilnya, jadi deh blog khusus untuk jualan, namanya Tuqu Tuqu dari kata tuku alias beli dalam bahasa Jawa.

Ceritanya dulu aku dan kakakku (yang lain, bukan yang sekarang tinggal di Singapura tadi) pernah buka toko dengan nama yang sama.  Barang jualannya pernak-pernik buatan sendiri dan juga barang-barang lucu-lucu dari Jepang.  Beberapa barang dagangan kita sempat masuk di majalah Cosmo Girl.  Terus akhirnya tokoku itu terpaksa ditutup karena satu dan lain hal. Mungkin hal utamanya karena kita berdua jadi nggak fokus mau jualan apa.  Semua barang yang lucu-lucu kita beli dan kita tawarkan di toko.  Hasilnya, uang untuk toko jadi habis tapi pemasukan berkurang.  So, in the end we had to close the shop. Lagipula, kalau dipikir-pikir mengelola toko seperti itu lama-lama nggak cocok untukku.  Waktuku jadi habis di toko, ngurusin segala tetek bengek sehari-hari. Tujuan utama buka toko untuk jualan barang-barang buatan sendiri jadi terlupakan.  Aku nggak ada waktu untuk membuat barang-barang (waktu itu tas lukis, tas handmade lain dan aksesoris seperti kalung dll).  

Jadi sekarang dicoba buka toko lagi tapi kali ini virtual, jualan lewat internet.  Nggak usah keluar uang untuk sewa tempat, nggak usah mengupah tenaga SPG dan banyak waktu untuk mengurus yang lain.

Jadi doa'in ya...mudah-mudahan semuanya berjalan dengan lancar.

Tidak ada komentar: