11 April, 2008

Kliningan (windchime) dari Clay Tepung

Kliningan (windchime) kecil berbentuk pelangi dan awan ini dibuat dari clay tepung dan kliningan bekas (diambil bagian tabung metal).



Ambil clay dalam warna-warna yang diinginkan untuk membuat pelangi. Buat dalam bola-bola yang kira-kira berukuran sama besar. Kerjakan satu demi satu, simpan dulu yang lain di dalam tempatnya. Dengan jari, pilin bola-bola di atas meja agar menjadi bulat panjang (seperti sosis). Lakukan hal sama pada setiap warna pelangi, usahakan supaya ketebalan mereka sama.



Ambil botol bekas obat, gelas kecil atau barang lain yang berukuran tabung. (yg warna merah muda itu ceritanya botol/tabung bekas obat lho...).
Taburi sedikit permukaannya dengan tepung agar clay dapat mudah dilepaskan nantinya. Lekukkan satu warna clay dengan salah satu sisinya melekat pada permukaan botol. Botol bekas obat dijadikan cetakan supaya bentuk lengkungan pada pelangi menjadi rapi. Berikan lem pada sisi yang lain (gambar panah kecil itu) . Lekatkan warna lain di sisi bagian luar. Ulangi lagi pada semua warna pelangi yang lain. Rapikan kedua ujung pelangi menggunakan pisau atau cutter. Sekarang bentuk pelangi sudah terbentuk.



Buat lubang untuk tali gantungan pada bagian atas pelangi menggunakan tusuk gigi, tusuk sate atau sedotan ukuran kecil (sedotan minuman kotak).



Gilas clay warna putih untuk membuat awan dengan penggilas kayu (untuk buat kue kering), botol bekas atau pipa pralon. Jangan menggilas terlalu tipis, karena clay yg terlalu tipis setelah kering jadi rapuh, permukaannya jadi keriting atau tidak rata. Cetak pakai cetakan kue kering bentuk bunga sebanyak 2 buah. Tempelkan clay bentuk awan ini pada kedua ujung pelangi memakai lem putih. Buat lubang sebanyak yang diinginkan pada bagian tepi bawah awan memakai cara yang sama seperti di atas.

Biarkan sampai benar-benar kering. Berikan beberapa lapisan vernis kalau suka. Dengan tali senar, gantungkan tabung kliningan bekas pada awan. Selain tabung kliningan bisa digantungkan lonceng-lonceng kecil, kulit kerang dan benda-benda lain yang bisa menimbulkan bunyi-bunyian pada saat beradu satu sama lain.

Bentuk pelangi dan awan seperti di atas bisa diganti dengan bentuk lain lho... misalnya bunga, matahari... atau bunga matahari! Happy



Tidak ada komentar: