30 April, 2008

Tirai dari Manik-manik Gelas Daur Ulang



Hasil scan foto-foto lama.



Tirai-tirai pendek dari manik-manik gelas daur ulang produksi Jombang, Jawa Timur. Bagian atas dibuat dari besi (berkat jasa tukang las) supaya kuat, tidak mudah rusak / patah. Aku tidak pilih manik-manik dari plastik yang harganya lebih murah dan bentuknya lebih macam-macam karena kalau terkena sinar matahari langsung dalam waktu lama, warna plastiknya akan memudar. Lagipula manik-manik gelas daur ulang gitu loohh, dibuat dari piring dan botol gelas bekas, dibentuk satu demi satu melalui proses yang lumayan panjang (yang pasti panas dan melelahkan karena piring dan botol gelas itu dilelehkan kembali pakai bantuan panas api).




Yang ini ada manik-manik gelas bentuk ikan, di bagian tengah tirai (lihat di bawah). Sudah dibeli teman kakak, dipajang dekat akuarium di rumahnya berhubung manik-maniknya ada yang berbentuk ikan.



Kelihatan manik-manik bentuk ikannya ga?


28 April, 2008

Kalung Bunga 1



Bunga-bunga clay yang baru jadi, sedang diangin-anginkan supaya kering. Bunga-bunga pink & kuning atas kanan ceritanya bunga mawar. Cara bikinnya hanya dari sosis clay yang ditipiskan lalu digulung melingkar ke dalam (seperti membuat roll cake). Kenapa ada tusuk gigi? Itu untuk membuat lubang pada bunga ros, supaya nanti bisa jadi manik-manik untuk dijadikan kalung. Tusuk gigi jangan dilepas selama pengeringan. Clay tepung akan mengerut sedikit setelah kering, jadi membiarkan tusuk gigi pada clay selama pengeringan mencegah agar lubang untuk tali kalung menjadi ikut mengerut.
Lain lagi dgn bunga-bunga besar pink & oranye tetangganya itu. Mereka juga mau jadi kalung, tapi lubang utk tali kalung dibuat dgn sedotan plastik. Bunga yg ditengah-tengah warna pink (yg seperti kembang kol Oh Jeez padahal maunya bikin mawar, sedih deh!) itu juga dibuat lubang utk tali kalung dgn memakai tusuk gigi. Sebelum ditusukkan ke clay, ada baiknya melumuri tusuk gigi dgn sedikit tepung supaya nantinya tidak melekat pada clay.
Foto kalung yang sudah jadi menyusul kemudian ya

26 April, 2008

Mini Tiny Cutie







Ayo, ayo dibeli dibeli! Ada kutu ... eh! ada teddy bear, ada kucing... semuanya ukuran mini!

25 April, 2008

Leontin dari Clay Tepung

Yang pernah main-main dengan clay tepung mungkin sudah pernah mengalami bahwa ukuran clay tepung akan sedikit menyusut/mengerut apabila mengering. Aku harus membuat berkali-kali dulu baru 'ngeh'. Kedua, warna clay tepung setelah kering akan sedikit menjadi lebih tua daripada waktu dia masih basah. Jadi kalau mau membuat sesuatu dari clay tepung, coba deh perhatikan dua point di atas.

Contohnya waktu aku bikin leontin di bawah ini. Ukuran lempengan kotak yg jadi tatakan untuk bunga-bunga ini lebih kecil daripada yg direncanakan. Terus, tips lagi, kalau mau membuat benda rata seperti ini, buat agak sedikit tebal. Waktu proses pengeringan, supaya kering dalam keadaan rata, bisa juga ditambah ditindih buku tebal. Lakukan ini setelah clay dalam keadaan setengah kering. Kalau clay masih basah sudah ditindih buku, ntar clay malah nempel ke sampul buku, repot... Eyebrow

Yang di bawah ini sampai sekarang belum juga jadi kalung. Habisnya belum tau mau bagaimana meroncenya, pakai manik-manik atau tali aja? Kalau tali, apa dari kulit asli warna coklat alami, kulit imitasi atau tali kord satin warna-warni... bingung Ignoring You Lubang untuk tali kalung dibuat dengan bantuan sedotan plastik seperti waktu bikin pelangi untuk kliningan di posting sebelum ini.
Belum jadi kalung, lumayan untuk hiasan judul blog Teethy







24 April, 2008

Hiasan Cupcakes dari Plastic Icing / fondant





Hiasan cupcake ini dibuat dari plastic icing atau fondant. Rasanya manis dan dijual dalam bentuk seperti potongan mentega putih. Diberi warna memakai sedikit sekali pewarna makanan dengan bantuan tusuk gigi dan kemudian warna diratakan dengan menguleni plastic icing.



Dua sofa dengan bantal warna-warni




Handphone, kompor, jam/weker dan microwave

JellyMuffin.com - The place for profile layouts, flash generators, glitter graphics, backgrounds and codes

Cupcakes lagi!












Foto-foto cupcake yang belum sempat di posting.  Aku baru 'ketemu' dengan program Picasa dari Google (lihat di menu seluruh produk-produk Google).  Program ini bagus untuk mengutak-atik foto yang sudah kita ambil, seperti membuat cahaya foto menjadi lebih terang, fokus lebih tajam dan cropping.  Gratis dan gampang memakainya.  

22 April, 2008

Kalung


Beberapa kalung buatan aku dan kakakku waktu mau jualan di suatu bazaar.  Jualan ga sukses, jadi tinggal kalungnya untuk kenang-kenangan.


Ini dari imitasi tourquoise dan mutiara air tawar.



Paduan kulit kerang yang diwarnai merah, manik-manik gelas dan mutiara air tawar.



Kulit kerang kuning dan kristal.

Adonan Clay Tepung Terlalu Lengket

Hari ini aku bikin adonan clay baru. Entah kenapa, adonan yang aku buat hari ini susah sekali jadinya. Tetap lengket walaupun sudah berkali-kali ditambah bahan tepung. Waktu diuleni pertama kali rasanya sudah kalis, tidak lengket di tangan lagi, tapi kalau dilepas sebentar langsung melekat ke tempat mengaduk adonan. Mungkin dari awal memang perbandingan antara bahan kering dan bahan basah (lem PVAC) memang kurang seimbang, bahan basah terlalu banyak. Atau mungkin diaduknya kurang merata jadi ada bagian yang sudah kalis, ada yang belum. Akhirnya setelah diuleni berkali-kali, ditambah bahan tepung berkali-kali juga, akhirnya jadi juga itu adonan. Mudah-mudahan sekarang sudah enak untuk dibentuk.

Hari ini aku juga lihat beberapa video di Youtube.com tentang polymer clay (banyak video tutorial yang berguna di situ, cari aja di bawah polymer clay). Lihat cara pemakaian polymer clay yang kelihatannya begitu gampang, dibuka dari bungkusnya, dipotong sesuai keinginan, diuleni dengan tangan sampai lunak, lalu dibentuk. Sementara aku mau bikin adonan dasar saja hari ini harus mengulang berkali-kali Perturbed. Maunya sih langsung pindah ke polymer clay (sombong, padahal belum pernah coba, jadi belum tahu apa aku bisa. Yang pasti harganya lebih mahal) dan gak gampang nemunya di sini. Ada juga di Depok, di tokonya mbak Wulan dari Andamari. Tapi Depok jauh bo... dan aku orang yang malas pergi jauh-jauh. Yah sudahlah... pokoknya adonan baru dari clay tepung sudah jadi, tinggal dikasih warna dan dibentuk-bentuk. Bentuk apa ya sekarang? Mau dibingkai ah, pesan bingkai di tukang (sudah pernah tanya, katanya sekitar Rp 40ribu/satu. Mahal juga!)

p.s. Elise dari claygeek.wordpress.com mengulas tentang blog ini lho... Waduh, rasanya seneng banget Bouncy 8 . Cihuy banget gitu loo. Sekali lagi terimakasih ya.

20 April, 2008

Batman or Batdog (?) & Elvis



Hari ini gak sengaja lihat kostum-kostum anjing di www.halloween-store.com. Lucu-lucu banget! Dua yang di atas hanya contohnya kostum Batman dan Elvis (complete with a guitar Laugh). Tapi apa anjingnya betah pakai kostum begitu? Mungkin kalau sudah dibiasakan dari puppy. Anjingku sih gak mungkin tahan!


Flour Clay Dogs



Three dogs in clay. Yang kanan pakai vernish, kalau dari dekat sepertinya gak terlalu bagus tapi lebih tahan lama. Bingung juga, to glaze or not to glaze, that's the question Huh? .



Doggie pertama pake kalung bentuk tulang (ceritanya doggie ini agak genit). Dua doggie yg lainnya, nah mereka agak bingung Ummm ada yg bilang mereka anjing, ada yg bilang kucing. Waktu bikin maunya jadi kucing pakai kalung. Tapi yang kanan kalungnya lebih mirip seperti syal, mungkin kucingnya (atau anjingnya, terserah deh lebih mirip mana!) lagi kena flu Sickly .

p.s. foto yang kedua kurang fokus ya?


17 April, 2008

The Girls Painted on my Bags


The girls that I painted on my fabric bags. Aku suka menambahkan glitter, sulam pita atau aplikasi dari manik-manik atau payet pada lukisan. Aku suka payet bentuk bunga warna-warni yang dijahit di tas merah. Belinya as usual di Mangga 2 lantai 3, nama tokonya lupa. Waktu itu hanya beli 1 bungkus(biasa, beli tanpa rencana. Kalau ke lantai 3 Pasar Pagi Mangga Dua itu aku hampir ga pernah keluar tanpa membeli apa pun). Karena payet berbentuk bunga, aku pikir cocok dengan aplikasi payet bentuk kupu-kupu. Aplikasi kupu-kupu beli jadi. Aku ga bisa memasang payet yang menumpuk rapat dan rapi seperti itu...mungkin harus kursus dulu baru bisa! Untuk anting aku kasih kristal jahit, kalau kena pantulan sinar jadi cantik deh!


Yang ini aku tambahkan payet pastel yang dironce di rantai halus untuk dijadikan anting-anting yang bergoyang-goyang mengikuti gerakan tas.
Sekarang jadi ingin melukis untuk tas lagi, tapi cat untuk kain sudah habis atau kering. Mau beli lagi ragu-ragu, sekarang harga-harga begitu mahal! Uangku bisa habis hanya untuk beli peralatan crafts seperti ini (dan memang uangnya sudah habis!)

15 April, 2008

Portrait of a dog



Halo! Sudah lama Bowi ga muncul. Sekarang Bowi punya kembaran dari clay tepung (Bowi asli seperti biasa camera shy). Bowi dari clay warnanya sama sekali ga mirip! Tapi sebetulnya warna Bowi asli itu apa ya yang jelas?
Pokoknya every time I see him, I just want to give him
Big Hug


11 April, 2008

Kliningan (windchime) dari Clay Tepung

Bagian depan



Bagian belakang

p.s.: di sini aku kasih tambahan bling-bling atau berlian gosok dari plastik.  Caranya tinggal ditempel pakai lem waktu clay masih belum kering, agak ditekan di atas permukaan clay.

Kliningan (windchime) dari Clay Tepung

Kliningan (windchime) kecil berbentuk pelangi dan awan ini dibuat dari clay tepung dan kliningan bekas (diambil bagian tabung metal).



Ambil clay dalam warna-warna yang diinginkan untuk membuat pelangi. Buat dalam bola-bola yang kira-kira berukuran sama besar. Kerjakan satu demi satu, simpan dulu yang lain di dalam tempatnya. Dengan jari, pilin bola-bola di atas meja agar menjadi bulat panjang (seperti sosis). Lakukan hal sama pada setiap warna pelangi, usahakan supaya ketebalan mereka sama.



Ambil botol bekas obat, gelas kecil atau barang lain yang berukuran tabung. (yg warna merah muda itu ceritanya botol/tabung bekas obat lho...).
Taburi sedikit permukaannya dengan tepung agar clay dapat mudah dilepaskan nantinya. Lekukkan satu warna clay dengan salah satu sisinya melekat pada permukaan botol. Botol bekas obat dijadikan cetakan supaya bentuk lengkungan pada pelangi menjadi rapi. Berikan lem pada sisi yang lain (gambar panah kecil itu) . Lekatkan warna lain di sisi bagian luar. Ulangi lagi pada semua warna pelangi yang lain. Rapikan kedua ujung pelangi menggunakan pisau atau cutter. Sekarang bentuk pelangi sudah terbentuk.



Buat lubang untuk tali gantungan pada bagian atas pelangi menggunakan tusuk gigi, tusuk sate atau sedotan ukuran kecil (sedotan minuman kotak).



Gilas clay warna putih untuk membuat awan dengan penggilas kayu (untuk buat kue kering), botol bekas atau pipa pralon. Jangan menggilas terlalu tipis, karena clay yg terlalu tipis setelah kering jadi rapuh, permukaannya jadi keriting atau tidak rata. Cetak pakai cetakan kue kering bentuk bunga sebanyak 2 buah. Tempelkan clay bentuk awan ini pada kedua ujung pelangi memakai lem putih. Buat lubang sebanyak yang diinginkan pada bagian tepi bawah awan memakai cara yang sama seperti di atas.

Biarkan sampai benar-benar kering. Berikan beberapa lapisan vernis kalau suka. Dengan tali senar, gantungkan tabung kliningan bekas pada awan. Selain tabung kliningan bisa digantungkan lonceng-lonceng kecil, kulit kerang dan benda-benda lain yang bisa menimbulkan bunyi-bunyian pada saat beradu satu sama lain.

Bentuk pelangi dan awan seperti di atas bisa diganti dengan bentuk lain lho... misalnya bunga, matahari... atau bunga matahari! Happy